Rabu, 07 September 2011

Menghilangkan Objek yang Tidak Diinginkan

Lihat deh gambar di samping, ada gak yang namanya "Juice Weni"? Halo?? Weni itu nama teman saya.. :P. Jadi gini ceritanya, saya dengan teman-teman kan lagi makan di sebuah rumah makan gitu. Jadi dikasih deh daftar menunya. Tapi saya baca kok ada tulisan "JUICEKWENI" jus apa coba? Gak pakai spasi pula tuh. Awalnya saya pun salah baca, saya kira tulisannya "JUICE WENI". Setelah melihatnya lagi, ternyata "JUICEKWENI". Jadi langsung deh saya pinjem hape kawan saya yang fokus kameranya bagus untuk memoto menu tadi agar diedit dan di-upload (hanya untuk iseng-iseng). Sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk mengeditnya seperti di postingan ini. Tapi agar lebih rapih, mari kita ikuti tutorialnya.

Pertama, buka dulu fotonya. Kemudian langsung saja duplikat layer "Background"dengan menekan Ctrl + J atau dengan meng-klik kanan ikon layer dan pilih "Duplicate Layer"

Setelah itu seleksi bagian dari foto yang akan digunakan untuk menutupi objek dengan menggunakan "Retangular Marquee Tool" dan langsung saja di seleksi.

Nah, buat layer baru yang isinya potongan gambar yang telah diseleksi dengan menekan Ctrl + J

Nah, langsung saja tekan Ctrl + T untuk men-transform layer, atau dengan meng-klik menu Edit>Transform. dan pindahkan potongan gambar tadi tepat di atas objek yang akan dihilangkan (pada gambar ini, potongan gambar dipindahkan di atas huruf "K")

Belum siap sampai disini, perbesar potongan gambar tadi hingga huruf "K" nya tertutup semua. Tidak masalah jika huruf lainnya tertutup, nanti kita rapikan. Tapi ingat, jangan terlalu gede, ntar susah ngeditnya.

Setelah itu tekan tombol Enter. Nah, saatnya merapikan potongan agar terlihat asli dengan menggunakan "Eraser Tool". Atur ukuran eraser agar mudah digunakan, jangan terlalu besar atau terlalu kecil. Setelah itu buat agar "Hardness" nya rendah.

Nah, rapikan pinggiran potongan gambar tadi dengan menghapusnya secara perlahan-lahan. Buatlah agar SERAPIH MUNGKIN.
Nah, hasil kerjaan saya seperti ini, rapi bukan?


Jangan lupa disimpan yaa dengan klik menu File>Save As lalu formatnya pilih JPEG atau yang lainnya lalu klik Save.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar